Telp: (021) 3619535, Email: kardiman@bppt.go.id

 

bppt.go.id - Komitmen BPPT dalam hal efisiensi energi dan air membuahkan hasil. Gedung BPPT dinobatkan sebagai pemenang dalam Kategori Gedung Penghematan Energi dan Air untuk Kategori Pemerintah Pusat oleh Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM‎).

Usai menerima penghargaan yang di langsungkan di Gedung Bidakara tadi malam (4/08), Sekretaris Utama BPPT, Soni Solistia Wirawan mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan bagian dari upaya para ahli di BPPT dalam melakukan efisiensi air dan energi.

"Sudah lama kami menerapkan pola efisiensi tersebut, baik untuk energi maupun air. Untuk listrik kami mulai dari menggunakan lampu hemat energi. Sedangkan untuk air, kami memanfaatkan air hujan dan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) yang dapat dipakai kembali, misal untuk siram taman kantor serta cuci kendaraan", jelas Soni.

Dengan mendapatkan penghargaan ini,  Soni menambahkan, gedung BPPT akan menjadi percontohan nasional gedung hemat energi, dan ini bukan tugas mudah. "Kami berterima kasih kepada Kementerian ESDM atas penghargaan yang diberikan. BPPT harus mampu membuktikan diri sebagai role model nasional gedung hemat energi", ungkapnya.

Sebagai informasi, Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) tersebut merupakan kali ke 5 diselenggarakan Kementerian ESDM.  PEEN merupakan penghargaan kepada institusi pemerintah, pemangku kepentingan disektor bangunan serta industri atas upaya-upaya penerapan efisiensi dari konservasi energi terbaik yang diberikan.

PEEN 2016 ini menjadi persiapan bagi para kandidat untuk berkompetisi di tingkat ASEAN Energy Award. Yakni, penghargaan tahunan regional ASEAN yang diselenggarakan oleh ASEAN Center for Energy (ACE) sejak tahun 2000. Adapun tujuan dari kompetisi tersebut adalah untuk mempromosikan pemanfaatan energi baru terbarukan serta penerapan efisiensi dan konservasi energi di regional ASEAN. (Humas/HMP)